You are here Info Akademik Komprehensip, Seminar dan Tesis

Komprehensip, Seminar Proposal Tesis dan Tesis

Komprehensif (0 sks)

Komprehensif adalah kegiatan ujian yang bersifat integral dan menyeluruh, bertujuan menilai keluasan wawasan dan kemampuan akademik yang dicapai mahasiswa selama mengikuti perkuliahan (teori) pada Program MPdI UNISSULA. Stressing ujiannya menekankan pada penalaran konseptual maupun problem solving terhadap permasalahan-permasalahan pendidikan (agama) Islam. Mata uji dalam ujian komprehensif adalah berkaitan dengan mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK).

Mahasiswa yang berhak menempuh ujian komprehensif adalah mereka yang telah menempuh semua mata kuliah yang dipersyaratkan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75. Hasil ujian komprehensif dinyatakan dengan LULUS, LULUS SEBAGIAN, atau TIDAK LULUS.

Kelulusan dalam ujian komprehensif menjadi salah satu prasyarat untuk mengikuti (mendaftarkan) munaqasah tesis.


Seminar Proposal Tesis (0 sks)

Serangkaian seminar terstruktur dan terjadwal yang membahas usulan (proposal) tesis mahasiswa yang dilaksanakan pada semester (diletakkan di semester 2 dengan maksud agar mahasiswa dapat segera mempersiapkan penyusunan tesis sejak dini), dengan tujuan saling menilai dan menyempurnakan antar para mahasiswa yang akan terjun meneliti ke lapangan di bawah bimbingan langsung para anggota komisi pembimbing tesis. Pembahasan terperinci mulai dari formulasi masalah, kajian teori, rumusan hipotesis sampai kepada aspek-aspek metodologis maupun operasionalnya.

Seminar proposal tesis ini merupakan kegiatan kajian ilmiah, yang berisi uji kelayakan, verifikasi, penajaman permasalahan dan metodologi terhadap proposal tesis yang diajukan. Setiap mahasiswa yang hendak menyusun tesisĀ  diharuskan membuat proposal tesis untuk diseminarkan di depan forum seminar yang didampingi calon Komisi Pembimbing.


Tesis (6 sks)

Tesis merupakan karya ilmiah yang merupakan tugas akhir sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar magister. Setiap tesis harus memenuhi : (1) sebagai karya ilmiah asli hasil penelitian dengan menggunakan metodologi penelitian yang tepat dan benar; (2) sebagai karya ilmiah yang menunjukkan kemampuan mahasiswa penyusun tesis dalam mengembangkan dan menerapkan teori dalam bidang kompetensinya.

Mahasiswa dibimbing oleh dua orang Komisi Pembimbing sesuai dengan kajian yang diteliti mahasiswa. Penunjukkan Komisi Pembimbing definitif diberikan setelah mahasiswa dapat lulus dalam Seminar Proposal Tesis.

Setelah selesai dan memperoleh persetujuan dari Komisi Pembimbing, naskah tesis diujikan melalui munaqasah. Teknis penyelenggaraan munaqasah diatur ter-sendiri.