You are here Info Akademik Matakuliah Teori dan Praktik

Mata Kuliah Teori dan Praktik

Metodologi Riset Tindakan PAI (Konsentrasi PAI)

Mata kuliah ini selain menekankan pada teori mengenai cara-cara meneliti berkaitan dengan pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah maupun madrasah, sekaligus mendorong mahasiswa untuk melakukan praktik riset tindakan PAI guna memperbaiki secara langsung keadaan dan problematika PAI di sekolah/madrasah.

Pada setengah semester awal mahasiswa diberikan kuliah teori dan metodo-logi di ruang kuliah oleh Dosen Pengampu, setengah semester akhir kemudian mahasiswa dipandu Tim Dosen untuk melakukan riset tindakan secara nyata.

Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memperoleh 2 pengalaman, yaitu, teori dan metodologi riset tindakan sekaligus praktiknya.


Research & Development PI (Konsentrasi PPI)

Mata kuliah ini selain menekankan pada teori mengenai cara-cara pengem-bangan model baru berkaitan dengan pendidikan Islam (PI)) di sekolah maupun madrasah, bahkan jika mungkin di lembaga pesantren,  sekaligus juga mendorong mahasiswa untuk melakukan praktik pengembangan model melalui riset, sekali-gus mengembangkan berbagai hal mengenai penyelenggaraan pendidikan Islam, di sekolah, madrasah, atau pesantren. Baik yang terkait dengan metode pembe-lajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, sistem penilaian, atau lainnya.

Pada setengah semester awal mahasiswa diberikan kuliah teori dan metodo-logi R & D di ruang kuliah oleh Dosen Pengampu, setengah semester akhir kemudian mahasiswa dipandu  Tim Dosen untuk melakukan riset tindakan secara nyata. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memperoleh 2 pengalaman sekalaigus, teori dan metodologi riset tindakan sekaligus praktiknya.