You are here Profil MPdI Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan Program MPdI

Standar Kompetensi Lulusan
1. Memahami dan menghayati ajaran Islam dengan baik untuk dapat diamalkan.
2. Menguasai pendidikan Islam sebagai ilmu maupun praktik.
3. Memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai problem pendidikan Islam yang dihadapi.
4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan peradaban Islam.
Kualifikasi (Cakupan) Kompetensi
Standar kompetensi lulusan tersebut dicapai melalui perkuliahan yang dapat membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai kompetensi kepribadian, keilmuan dan keterampilan, keahlian berkarya, perilaku berkarya, serta berkehidupan bermasyarakat. Penjabarannya sebagaimana berikut:
1 Menjadi insan akademik islami (Budai) sebagai ciri kepribadiannya yang ditunjukkan dengan penguasaan dasar-dasar pengkajian ilmiah dan wawasan keislaman (Islamic Worldview). Untuk ini, penguasaan filsafat penelitian, bahasa Arab dan bahasa Inggris, cyber communication, kajian tematik Islam, filsafat ilmu yang islami, serta sejarah dan peradaban Islam dengan menekankan pada aspek filsafat pendidikan Islam, mutlak dikuasai mahasiswa.
2 Bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi PAI, memiliki penguasaan bidang keilmuan dan keterampilan yang meliputi: studi sejarah pendidikan Islam, ilmu pendidikan Islam, pengembangan sistem pembelajaran PAI, pengembangan kurikulum PAI, metodologi riset tindakan PAI, psikologi anak dan belajar, serta dapat mengembangkannya dalam karya ilmiah monumental berupa tesis.
3 Bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi PPI, memiliki penguasaan bidang keilmuan dan keterampilan yang meliputi landasan keilmuan pendidikan Islam, pengembangan paradigma dan teori pendidikan Islam, psikologi agama, studi kebijakan pendidikan Islam di Indonesia, research and development pendidikan Islam, teori dan model pembelajaran, serta dapat mengembangkannya dalam karya monumental berupa tesis.
4 Memiliki keahlian berkarya yang ditunjukkan dengan penguasaan metodologi riset agama dan pendidikan, pengukuran dan penilaian hasil pembelajaran (konsentrasi PAI) atau evaluasi program pendidikan Islam (konsentrasi PPI), serta mengkomunikasikan rancangan karya ilmiah (tesis) kepada publik melalui seminar proposal tesis.
5 Memiliki perilaku berkarya secara praktis dengan ditunjukkannya kemampuan melaksanakan bimbingan dan konseling islami, serta menguasai secara komprehensif sejumlah teori terutama bidang keilmuan dan keterampilan, untuk diterapkan dalam pemecahan masalah-masalah empirik.
6 Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat secara dinamik terutama dalam bidang pendidikan melalui penguasaan teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.
Pada sisi lain, kompetensi-kompetensi di atas, dengan mengacu Kepmendiknas nomor 045/U/2002 dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu : kompetensi utama dan kompetensi pendukung.
Kompetensi Utama dan Pendukung
1 Kompetensi Utama Di arahkan untuk :
a Memiliki integritas keislaman dengan :
1) Memahami dan mengembangkan pandangan hidup Islam dengan menguasai al Islam dari berbagai aspeknya.
2) Menguasai dan mengembangkan sejarah peradaban Islam terutama dengan mengorientasikan pada segi filsafat pendidikan Islam.
b Khusus untuk konsentrasi PAI, diharapkan :
Menguasai keilmuan dan keterampilan pengelolaan pembelajaran bidang studi PAI di sekolah maupun madrasah dengan diarahkan untuk :
1) Memahami dan menguasai kajian sejarah pendidikan Islam.
2) Memahami dan menguasai ilmu pendidikan Islam.
3) Memahami dan menguasai pengembangan sistem pembelajaran PAI.
4) Memahami dan menguasai pengembangan kurikulum PAI.
5) Memahami dan menguasai psikologi anak dan belajar
6) Mampu memecahkan problem PAI di sekolah maupun madrasah melalui riset tindakan.
7) Mengembangkan konsep dan pemikiran agama Islam melalui riset yang mendalam dalam bentuk karya ilmiah monumental (tesis).
c Khusus untuk konsentrasi PPI, diharapkan :
Mengembangkan pemikiran dan menguasai keilmuan pendidikan Islam sebagai sistem kelembagaan dengan :
1) Memahami dan menguasai landasan keilmuan pendidikan Islam.
2) Memahami dan memahami berbagai paradigma dan teori pendidikan Islam.
3) Menguasai psikologi agama dalam perspektif Islam.
4) Memahami dan menganalisis berbagai kebijakan pendidikan Islam terutama yang terjadi di Indonesia melalui kajian kritis.
5) Melaksanakan riset pendidikan Islam dan mengembangkannya guna memajukan pendidikan Islam.
6) Mengembangkan berbagai teori dan model pembelajaran dalam sistem pendidikan Islam.
7) Mengembangkan konsep dan pemikiran pendidikan Islam melalui riset yang mendalam dalam bentuk karya ilmiah monumental (tesis).
d Memiliki kemampuan untuk membangun peradaban Islam yang ditandai keahlian berkarya, dengan :
1) Menguasai metodologi riset agama dan pendidikan.
2) Menguasai pengukuran dan penilaian hasil pembelajaran (konsentrasi PAI).
3) Menguasai evaluasi program pendidikan Islam (konsentrasi PPI).
4) Menguasai berbagai teori, konsep, dan pemikiran keislaman dan kependidikan Islam secara komprehensif.
2 Kompetensi Pendukung
Setiap lulusan Program MPdI UNISSULA harus mampu :
a Menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai alat memahami teks-teks pendidikan Islam.
b Memahami dan mengembangkan ilmu (pendidikan Islam) dengan menggunakan perspektif filsafat ilmu berdasarkan nilai-nilai Islam.
c Mengkomunikasikan dan mendialogkan gagasan rencana karya ilmiah (tesis) melalui seminar proposal tesis.
d Memahami dan mengelaborasi berbagai permasalahan dan kebutuhan peserta didik dalam kaitannya dengan pendidikan Islam serta menunjukkan berbagai alternatif atau solusi yang relevan dengan kebutuhan.
e Memahami dan menguasai teknologi informasi yang dibutuhkan bagi pengembangan pendidikan Islam.